Alat dan Bahan Serta Cara-cara Jilid Hard Cover Skripsi

Helo sobat, kali ini kita akan berbagi seputar  "Hard Cover". Sobat-sobat pasti pernah mengalami saat kita ingin menjilidkan Hard Cover kita harus menunggu 1 atau 2 minggu jadinya. Sungguh hal menunggu itu adalah hal yang sangat menjemukan apalagi bila buku atau skrip atau KTI yang kita jilidkan harus segera dikumpulkan. Bila waktu kita terdesak tentunya tak akan mungkin kita bisa menunggu sebegitu lamanya. apabilagi 1 minggu jterkadang harus nunggu 1 atau 2 haripun kita sangat kesal. Nah berikut kita akan belajar bersama tentang bagaimana cara menjilid Hard Cover sendiri namun hasilnya bagus.
Langkah -langkahnya adalah : 
  1. Buatlah terlebih dahulu Cover Skripsi atau KTI dengan cara print pada kertas A3 dengan warna menurut selera, Sebelum diprint setting dulu posisi jatuhnya cover pada kertas A3 dengan cara perhitungkan berapa lebar lipatan yang nantinya akan kita pakai buat lipatan untuk merekatkan pada alas cover.
  2. Bila cover sudah diprint di kertas A3 lalu cover dilaminasi, bisa meminta bantuan pada percetakan, Laminasi pada kertas cover bertujuan untuk membuat mengkilap covernya. 
  3. Setelah Cover siap maka proses inti binding siap dilakukan, Potonglah karton seukuran kertas yang akan di binding, bila A 4 maka ukurlah karton dengan ukuran A4, dan bila F4 maka ukurlah karton dengan ukuran F4, siapkan 2 potong dan buatlah kembali potongan karton setebal buku yang akan dibinding gunanya untuk bagian tengah, lalu tempelkan potongan-potongan karton tadi pada kertas Cover A3 yang sudah siap lalu rapikan dengan mengelem bagian lipatan tepi 
  4. Siapkan buku yang akan dibinding tambahkan kertas kosong dibagian depan dan belakang lalu disetepler atau dipaku, rapikan, bila belum rapi bisa dipotong bagian bagian tepinya, kertas kosong bagian depan dan belakang gunanya untuk merekatkan pada Cover yang sudah di laminasi tadi.

    Bila digambarkan prosesnya seperti ini


  5. Skripsi dan KTI dengan Hard Cover sudah siap.

  6. Semoga bermanfaat, terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Neton Hari Kematian Seseorang - NEPTU DINO PASARAN

PRANATA CARA DAN PAMEDHAR SABDA BOSO JAWI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK DIWISUDA

Legenda Guwa Akbar Dalam Bahasa Jawa